dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui SDM dalam pelayanan
penjualan tiket kapal laut di PT.Pelni cabang Makassar dan untuk mengetahui
penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) di PT Pelni cabang Makassar.
Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam
serta analisis dokumen di PT.Pelni Cabang Makassar. Analisis yang digunakan
yaitu analisis menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur proses yang
terjadi secara bersamaan, antara lain reduksi data, penyajian data, serta penarikan
kesimpulan dan verifikasi.
Hasil menunjukkan bahwa: (1) pelayanan penjualan tiket kapal laut di
PT.Pelni Cabang Makassar sudah dapat dikatakan efektif dan efesien, karena
konsumen pembeli tiket kapal laut sudah dilayanani dan diarahkan dengan baik,
sehingga konsumen atau calon penumpang kapal laut tidak merasa kebingunggan.
PT.Pelni cabang Makassar juga sudah melakukan pelayanan dengan semestinya
dan mengikuti aturan yang telah di berlakukan oleh pemerintah dan SOP yang
berlaku di PT.Pelni itu sendiri. Kejelasan, kepastian waktu, dan tanggung jawab
yang dilakukan oleh petugas loket sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku di
PT.Pelni Cabang Makassar, dan membuat para konsumen menjadi lebih nyaman
saat melakukan transaksi pembelian tiket kapal laut; (2) Sistem informasi
managemen di PT.Pelni Cabang Makassar bisa dikatakan sudah berjalan dengan
efektif dan efesien, karena dalam hal pengambilan keputusan, pembagian tugas,
dan proses komunikasi yang dalam hal ini dilakukan oleh kepala urusan SDM &
umum dan beberapa staff melakukan perencanaan secara matang sehingga hal itu
dapat menghindari miss komunikasi dan kesalahan dalam pengambilan keputusan.
Pembagian tugas yang dilakukan juga melalui seleksi dan pelatihan yang dapat
meminimalisir terjadinya kesalahan dalam melakukan pekerjaan. |
en_US |