Abstract:
Implementasi program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di
puskesmas Mattiro Deceng Kecamatan Tiroang mengalami beberapa kendala
seperti kualitas pelayanan yang bervariasi, serta pembayaran yang belum
optimal, sampai dengan efisiensi serta kepuasan pasien antara pasien yang
menggunakan BPJS dengan pasien umum (tidak menggunakan BPJS), Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan BPJS PBI di
Puskesmas Mattiro Deceng Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang, dan untuk
mengetahui kebijakan yang dapat diambil Puskesmas Mattiro Deceng
Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang dalam upaya meningkatkan pelayanan
BPJS PBI. jenis penelitian yang digunakan adalah jenis deskriptif kualitatif.
Menggunakan tiga teknik pengumpulan data yang berbeda yaitu observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa
Pelayanan pasien BPJS PBI di Puskesmas Mattiro Deceng mulai dari pelayanan
rawat jalan, rawat inap, dan pelayanan rawat khusus masih kurang efektif.
Karena masih ada keluhan dari pasien terkait pelayanan yang ada di puskesmas
Mattiro Deceng. Untuk mengatasi permasalahan pelayanan yang terjadi
puskesmas Mattiro Deceng menerapkan kebijakan substansif versus kebijakan
procedural.