dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana
peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 290 Inpres Kasisi`
Kabupaten Tana Toraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah Wali kelas dan siswa kelas III SDN
290 Inpres Kasisi`. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah teknik dokumentasi, teknik observasi, dan teknik wawancara. Hasil
dari penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan dalam berbicara siswa
serta memecahkan kendala yang dialami siswa dalam berbicara Metode yang
digunakan guru yaitu metode ceramah, belajar kelompok, belajar di ruangan
(tergantung materi yang diajarkan), masih ada sebagian siswa yang belum mampu
dalam merangkai kata-kata bahkan masih ada juga siswa yang masih
menggunakan bahasa daerah. Keterampilan berbahasa siswa mencerminkan
kualitas pendidikannya. Penguasaan bahasa sangatlah penting dalam menentukan
siswa untuk berbicara |
en_US |