dc.description.abstract |
Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom
Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV
SD Negeri Sudirman II Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,
yaitu siklus I yang mencakup 2 kali pertemuan dan siklus II juga mencakup 2 kali
pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sudirman II Kota
Makassar sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 13 siswa
perempuan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis
deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari skor
rata-rata hasil belajar IPS siswa pada siklus 1 terdapat 14 siswa dikategorikan cukup
(53,33%) dan 8 siswa dikategorikan cukup (33,34%). Sedangkan Pada siklus II skor
rata-rata hasil IPS mengalami peningkatan mencapai 75% dan siswa yang tuntas
sebanyak 24 atau 100% yang termasuk dalam kategori baik, dan juga terjadi
peningkatan aktivitas belajar siswa dimana siswa lebih bermotivasi dan aktif setelah
proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran word square. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran word square dapat
meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Sudirman II Kota
Makassar. Saran yang dapat disampaikan hendaknya guru menggunakan model
pembelajaran word square dalam kegiatan belajat mengajar pada bidang studi IPS agar
siswa dapat lebih termotivasi dalam belajar dan siswa akan merasa senang serta
bersikap positif terhadap pembelajaran IPS yang belajar sambil bermain |
en_US |