dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Big Book terhadap
keterampilan membaca kalimat sederhana siswa kelas II SDN 2 Rantepao
Kabupaten Toraja Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan
desain penelitian one group pretest-posttest yaitu memberikan tes sebelum dan
setelah adanya perlakuan dengan menggunakan media Big Book. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas II sebanyak 24 siswa. Penelitian dilaksanakan
selama satu minggu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah tes lisan dan dokumentasi yang dianalisis dengan Teknik analisis
statistic deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan media Big Book terhadap
keterampilan membaca siswa kelas II SDN 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara.
Hal ini dapat dibuktikan denga hasil uji-t diperoleh bahwa nilai diperoleh 𝑡𝐻𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔
= 20,50 dan 𝑡𝑇𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,714 maka diperoleh 𝑡𝐻𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑇𝑎𝑏𝑒𝑙 atau 20,50 > 1,714.
Sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa
penggunaan media Big Book berpengaruh terhadap keterampilan membaca
kalimat sederhana siswa kelas IIA SDN Rantepao Kabupaten Toraja Utara |
en_US |