Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan mengenai
penggunaan smartphone pasca pandemi terhadap perkembangan kepribadian
sosial siswa kelas V-A UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II di Kota Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam
penelitian ini adalah siswa V-A, orang tua siswa serta guru kelas V-A UPT SPF
SD Inpres Galangan Kapal II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penggunaan smartphone pada siswa kelas V-A UPT SPF SD Inpres
Galangan Kapal dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor kecanggihan yang ada
pada smartphone meliputi ketersediaan berbagai fitur yang menarik dan faktor
lingkungan yaitu karena adanya pandemi Covid-19 mengharuskan pembelajaran
dilakukan jarak jauh dengan memanfaatkan smartphone. Penggunaan smartphone
memberikan dampak positif serta dampak negatif tergantung dari penggunanya
jika digunakan secara bijak dapat memberikan dampak positif. Durasi penggunaan
yang berlebihan akibat pandemi Covid-19 mengakibatkan siswa kecanduan dan
ketergantungan menggunakan smartphone.. Hal itu membuat kepribadian siswa
berkembang menjadi pribadi yang kurang bersosialisasi dan berinteraksi dengan
orang yang ada di sekitarnya karena cenderung menyendiri di kamar untuk
menghabiskan waktunya bermain smartphone namun di sekolah interaksi siswa
berjalan sesuai harapan karena adanya larangan membawa smartphone ke sekolah
serta adanya pengawasan dari guru kelas.