dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan
keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan pendekatan
konstruktivisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 6 Wakorumba Selatan.
Prosedur penelitian ini meliputi 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai ratarata kelas pada siklus I yaitu: 59,4 dan meningkat pada siklus II yaitu: 80,9. Pada
siklus I ketuntasan hasil belajar siswa 40% dan ketidaktuntasan hasil belajar siswa
60% sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa diketahui sudah
mencapai 100%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran
keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan pendekatan
konstruktivisme terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa
kelas V SD Negeri 6 Wakorumba Selatan |
en_US |