dc.description.abstract |
Jenis penelitian ini
adalah eksperimen dengan bentuk desain pre exsperimental designs dengan
bentuk one group pretest-postest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah
Kelas IV Di UPT SPF SD Negeri Maradekaya 2 Makassar sebanyak 36 siswa dan
teknik pengambilan sampel dilakukan teknik Purposive Sampling atau teknik
pengambilan sampel non random sampling.
Instrumen penelitian yang di gunakan yaitu tes kemampuan berbicara,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang digunakan untuk uji
hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran berdasarkan hasil analisis data kemampuan berbicara berpengaruh
terhadap dialog cerita anak. Berdasarkan hasil analisis data independent sampel
test sig (2. Tailed), diperoleh nilai sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf
signifikasi 0,05 yang berarti bahwa ada pengaruh kemampuan berbicara maka Ho
di tolak dan H1 diterima, simpulannya yaitu terdapat pengaruh yang signifikan
terhadap kemampuan berbicara pada dialog cerita anak Kelas IV Khususnya di Di
UPT SPF SD Negeri Maradekaya 2 Makassar. |
en_US |