Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa UPT SPF SD
Inpres Lae-Lae I Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design, yaitu
memberikan tes sebelum adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah
adanya perlakuan dengan menggunakan model Role Playing. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas V sebanyak 35 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga kali
pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
wawancara, observasi, dokumentasi dan tes yang dianalisis dengan statistik
deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa UPT SPF SD
Inpres Lae-Lae I Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis
diperoleh rata-rata nilai sebelum diberi perlakuan role playing soal pretest rendah
dan setelah diberi perlakuan role playing soal posttest meningkat. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran role playing
dalam meningkatkan hasil belajar siswa UPT SPF SD Inpres Lae-Lae I Kota
Makassar