dc.contributor.author |
TOKAN, IMELDA |
|
dc.date.accessioned |
2022-12-01T06:07:07Z |
|
dc.date.available |
2022-12-01T06:07:07Z |
|
dc.date.issued |
2022 |
|
dc.identifier.other |
4518103012 |
|
dc.identifier.uri |
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2554 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan model
pembelajaran make a match dalam kemampuan menulis mata pelajaran bahasa
Indonesia siswa kelas IV SD It- Azzahrah Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu One
Groups pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang
berjumlah 27 siswa yang terdiri dari kelas A 13 0rang siswa dan kelas B 14 orang
siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV B yang berjumlah 14 orang
siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu,
observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh, dianalsis dengan
menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data hitung
yaitu nilai t hitung 8,034 dan t tabel yaitu l.782 sehingga t hitung > t tabel artinya
H1 diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model pembelajaran make a match efektif dalam kemampuan
menulis mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD It- Azzarah
Kabupaten Gowa |
en_US |
dc.publisher |
UNIVERSITAS BOSOWA |
en_US |
dc.subject |
Pembelajaran Make a Match |
en_US |
dc.subject |
Pembelajaran Menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia |
en_US |
dc.title |
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM KEMAMPUAN MENULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD IT-AZZAHRAH KABUPATEN GOWA |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |