| dc.contributor.author | TOKAN, IMELDA | |
| dc.date.accessioned | 2022-12-01T06:07:07Z | |
| dc.date.available | 2022-12-01T06:07:07Z | |
| dc.date.issued | 2022 | |
| dc.identifier.other | 4518103012 | |
| dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2554 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan model pembelajaran make a match dalam kemampuan menulis mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SD It- Azzahrah Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu One Groups pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari kelas A 13 0rang siswa dan kelas B 14 orang siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV B yang berjumlah 14 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh, dianalsis dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data hitung yaitu nilai t hitung 8,034 dan t tabel yaitu l.782 sehingga t hitung > t tabel artinya H1 diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match efektif dalam kemampuan menulis mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD It- Azzarah Kabupaten Gowa | en_US |
| dc.publisher | UNIVERSITAS BOSOWA | en_US |
| dc.subject | Pembelajaran Make a Match | en_US |
| dc.subject | Pembelajaran Menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia | en_US |
| dc.title | EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM KEMAMPUAN MENULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD IT-AZZAHRAH KABUPATEN GOWA | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |