dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan aparatur
pemerintahan melalui penerapan elektronik government dan faktor pendukung
pelaksanaan elektronik government di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota
Makassar
Tipe penelitian yang diambil adalah deskriptif kualitatif dengan Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, yaitu penelitian yang dilakukan
dengan pengamatan langsung kepada subjek penelitian dan wawancara secara mendalam
dengan menggunakan pedoman wawancara dimana peneliti mengadakan tanya jawab
langsung dengan beberap informan terkait pembahasan penelitian ini. serta ditunjang
dengan data primer dan sekunder yang diperoleh selama penelitian yang tentunya
berhungan langsung dengan topik penelitian ini. Adapun subjek penelitian adalah
Pemerintah Kota Makassar dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic government mampu menjadi
pilar dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Hal tersebut dapat dilihat dari
adanya kemudahan dalam standar prosedural, peningkatan dalam penggunaan waktu
pelayanan, biaya yang wajar dan sesuai (ekonomis), serta terlaksananya asas keadilan
yang merata bagi masyarakat. Adapun faktor-faktor yang menjadi pendukung
terlaksananya electronic government dalam peningkatan kualitas pelayanan publik
tersebut dapat dianalisis melalui Kebijakan pemerintah/aturan tentang pelaksanaan
elektronik government, kualitas sumber daya aparatur, ketersediaan sarana dan prasarana
baik yang bersifat utama maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya serta
bagaimana kemampuan masyarakat dalam mengakses dan memahami peran media
pelayanan yang tergolong baru ini. |
en_US |