dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain kelas terhadap motivasi
dan hasil belajar siswa SD di UPT SPF SD Inpres Lae-Lae 2. Penelitian ini bersifat
deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, metode penelitian
menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest with
nonequivalent groups. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas IV di UPT SPF
SD Inpres Lae-Lae 2 Makassar sebanyak 40 orang yang terbagi dalam 2 kelas yaitu
kelas experimen sebanyak 20 orang dan kelas kontrol sebanyak 20 orang.
Berdasarkan hasil Uji t penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh
desain kelas terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di UPT SPF SD Inpres LaeLae 2. Hal ini bisa saja disebabkan karena siswa sudah terbiasa dengan desain kelas
sebelum dilakukan pengujian sehingga desain kelas yang dilakukan tidak
memberikan dampak yang signifikant dalam pemberian motivasi belajar dan hasil
belajar siswa. Berdasarkan hasil uji paired sample test diperoleh Nilai signifikansi
(2-tailed) dari hasil penelitian untuk kelas eksperimen ini adalah 0.000 (p < 0.05).
Sehingga hasil test awal dan test akhir mengalami perubahan yang signifikan.
Berdasarkan statistik deskriptif tes awal dan tes akhir terbukti test akhir lebih tinggi.
Dapat disimpulkan bahwa desain kelas dapat meningkatkan hasil belajar untuk
kelas eksperimen. Dalam penelitian ini, ditemui beberapa hambatan yaitu dari segi
keadaan wilayah dalam melakukan penelitian ini. Lingkungan tempat penelitian
merupakan daerah wilayah pesisir sehingga sebagian besar orangtua siswa bekerja
sebagai nelayan. Hal ini menyebabkan kurangnya motivasi belajar siswa dalam
belajar karena lebih mengutaman membantu orang tua dalam mencari ikan. Selain
itu, hambatan lainnya adalah kurangnya dukungan belajar dari orangtua siswa
sehingga semua aktivitas belajar siswa hanya dilakukan di sekolah saja dan
sepenuhnya diserahkan kepada guru sekolah. |
en_US |