dc.description.abstract |
Penelitian ini berbtujuan untuk mengetahui peningkatan
kemampuan berbicara dalam pembelajaran bahasa indonesia dengan
pendekatan integratif pada siswa kelas VIII 4 SMP Negeri 8 Makassar
dengan jumlah siswa sebanyak tiga puluh enam orang (36) siswa. Jenis
penelitian ini yaitu jenis penelitian tindakan kelas pelaksanaannya terdiri
atas dua kali siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahap. Tehap
dalam setiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan
integratif dapat meningkatka4n kemampuan berbicara, hal ini dapa
dibuktikan dengan adanya peningkatan dari siklus I memperoleh nilai ratarata sebesar 50% dan siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 86%
jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan siklus I dan siklus II itu
di buktikan dengan perolehan nilai ketuntasan secara klasikal |
en_US |