Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media
animasi terhadap keterampilan menyimak siswa pada mata pelajaran bahasa
Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain
penelitian Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest, yaitu memberikan tes
sebelum adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan
dengan menggunakan media animasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas III A sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi yang dianalisis dengan
statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada
pengaruh media animasi terhadap keterampilan menyimak siswa. Hal ini dapat
dilihat berdasarkan hasil analisis bahwa nilai tHitumg ≥ tTabel = 16,57 ≥ 1,701 dan
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan
media animasi terhadap keterampilan menyimak pada mata pelajaran bahasa
Indonesia siswa kelas III di UPT SPF SD Inpres Lanraki 2 Kota Makassar