Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas
penerapan model discovery learning menggunakan media benda nyata terhadap
peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Kristen Elim
Makassar. jenis penelitian ini adalah kuantitatif quasy eksperimental. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB yang berjumlah
51 siswa.
Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design atau
kelompok kontrol eksperimen, untuk membedakan hasil belajar siswa. Penelitian
dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes dan Dokumentasi. data
yang diperoleh menggunakan software SPSS 26 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning
dilakukan dengan 6 langkah yaitu stimulation, problem statement, data collection,
data processing, verification dan generalization sesuai dengan lembar observasi
selama proses pembelajaran berlangsung. Pengujian N-gain dengan hasil 0,65
kategori sedang berdasarkan hasil analisis data tersebut maka penerapan model
discovery learning menggunakan media benda nyata efektif dalam meningkatkan
hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Kristen Elim Makassar.