Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang sosial
ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto, karena fakta yang
dikumpulkan sudah ada dan menunjukkan untuk meneliti hubungan sebab-akibat
yang tidak dimanupulasi atau tidak diberi perlakuan. Sampel penelitian adalah
siswa kelas VA sebanyak 28 orang dan kelas VB sebanyak 24 orang dengan
jumlah keseluruhan sampel 52 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dianalisis secara kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang sosial ekonomi orang tua
berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap prestasi belajar siswa SDN
Cendrawasih I Kota Makassar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa