Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk mengetahui efektivitas
pada motivasi dan hasil belajar model pembelajaran interaktif pada materi tematik
siswa kelas V SDN 290 Inpres Kasisi’. Jenis penelitian yang digunakan untuk
penelitian ini adalah penelitian Eksperimen, yang akan digunakan dalam
penelitian ini adalah desain pre- eksperimental dengan jenis satu kelompok onegroup pretest-posttest. Adapun Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa
SDN 290 Inpres Kasisi’ Tahun Ajaran 2021/2022 dan Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas V SDN 290 Inpes Kasisi’ yang
berjumlah 21 orang (eksperimen). Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi, angket (kuisoner), tes, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran
interaktif sangat efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar
peserta didik pada pembelajaran tematik. Penggunaan model pembelajaran
interaktif membuat peserta didik termotivasi dalam belajar membuat peserta didik
lebih aktif dan bersemangat dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar
yang baik dapat diraih oleh semua peserta didik.