Abstract:
McDonald’s merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri makanan cepat saji yang memiliki sistem dan jaringan global yang mampu menjangkau berbagai negara di dunia. McDonald’s hadir dengan peningkatan fleksibel dengan menghubungkan prefensi dan kebiasaan makanan lokal. Strategi yang dilakukan oleh McDonald’s disebut dengan istilah glokalisasi, di mana McDonald’s mempromosikan brandnya dan tetap menjaga keutuhan budaya lokal dalam suatu negara. Secara konsep, glokalisasi dapat didefinisikan sebagai interaksi antara global dan lokal sehingga dalam menghasilkan sesuatu yang unik pada wilayah tertentu. Glokalisasi merupakan sebuah strategi perusahaan multinasional yang mengadaptasi metode, produk dan pelayanan agar sesuai dengan pasar. Dengan menggunakan metode kualitatif, penulis mencoba menganalisa bagaimana McDonald’s sebagai Multi National Corporation dalam menggunakan glokalisasi sebagai metode ekspansi kapital dalam aktivitasnya di Kota Makassar. Dengan menggunakan teknik literature review, penulis kemudian menemukan bahwa McDonald’s benar menggunakan glokalisasi sebagai metode ekspansi kapital yang dibuktikan dengan; adanya pemerataan pembukaan lapangan pekerjaan, pemanfaatan sumber daya manusia lokal dan adaptasi produk sesuai kearifan lokal dengan ciri khas daerah Makassar belum ditemukan. Namun secara umum, ketiga poin tersebut menggunakan metode glokalisasi dalam melakukan ekspansi di Makassar