DSpace Repository

IMPROVING STUDENTS’ LISTENING COMPREHENSION BY USING SPOTIFY APPLICATION AT CLASS IX SMPN 35 MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author SINTA, NI MADE
dc.date.accessioned 2021-05-04T04:04:53Z
dc.date.available 2021-05-04T04:04:53Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other 4516101009
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/283
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengajaran menyimak dengan menggunakan aplikasi spotify untuk pembelajaran bahasa inggris dapat meningkatkan pemahaman menyimak siswa dan minat bejar siswa di kelas IX SMPN 35 Makassar. Hasil dari penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi siwa untuk meningkatkan kemampuan mendangarkan dan membantu para guru untuk lebih kreatif lagi. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dalam satu kelas, pra-tes dan pasca-tes. Penelitian ini dilakukan di SMPN 35 Makassar Jl. Telegrap Utama No. 1 Paccerakkang, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 35 Makassar tahun ajaran 2020/2021 yaitu kelas 9. Jumlah sampel sebanyak 25 siswa dari kelas IX.1. Data diperoleh dari tes menyimak dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan aplikasi spotify dapat meningkatkan pemahaman serta ketertarikan siswa dalam menyimak. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa dalam pre-tes dan post-tes. Dari hasil penelitian menunjukan aplikasi spotify secara signifikan meningkatkan pemahaman menyimak siswa serta minat belajar mendengarkan siswa setelah dilakukan perlakuan skor rata-rata meningkat dari 52.80 pada pre-tes menjadi 84.40 pada post-test. Dan ketertarikan siswa dalam mendengarkan menggunakan aplikasi spotify dapat dilihat pada persenan pret-est dan post-test, pada pre-test 0 % memperoleh ‘sangat baik’ dan 0 % memperoleh ‘baik’, artinya siswa tidak tertarik pada aplikasi spotify. Sedangkan dipost-test 16% memperoleh ‘sangat baik’ dan 72% memperoleh ‘baik’ artinya ada ketertarikan siswa terhadap aplikasi spotify setelah melakukan perlakuan. Hasi t-test diperoleh bahwa nilai pre-test dan post-test lebih kecil α (0.00 < 0.05). Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa H1 diterima, artinya aplikasi spotify dapat meningkatkan pemahaman menyimak siswa dalam pembelajaran bahasa inggris di SMPN 35 Makassar. en_US
dc.publisher Universitas Bosowa en_US
dc.subject Listening Comprehension en_US
dc.subject Spotify Application en_US
dc.title IMPROVING STUDENTS’ LISTENING COMPREHENSION BY USING SPOTIFY APPLICATION AT CLASS IX SMPN 35 MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account