dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengajaran
menyimak dengan menggunakan aplikasi spotify untuk pembelajaran bahasa
inggris dapat meningkatkan pemahaman menyimak siswa dan minat bejar siswa
di kelas IX SMPN 35 Makassar. Hasil dari penelitian ini diharapkan bermanfaat
bagi siwa untuk meningkatkan kemampuan mendangarkan dan membantu para
guru untuk lebih kreatif lagi.
Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dalam satu kelas, pra-tes
dan pasca-tes. Penelitian ini dilakukan di SMPN 35 Makassar Jl. Telegrap Utama
No. 1 Paccerakkang, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa SMPN 35 Makassar tahun ajaran 2020/2021 yaitu
kelas 9. Jumlah sampel sebanyak 25 siswa dari kelas IX.1. Data diperoleh dari tes
menyimak dan angket.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan aplikasi spotify
dapat meningkatkan pemahaman serta ketertarikan siswa dalam menyimak. Hal
ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa dalam pre-tes dan post-tes. Dari hasil
penelitian menunjukan aplikasi spotify secara signifikan meningkatkan
pemahaman menyimak siswa serta minat belajar mendengarkan siswa setelah
dilakukan perlakuan skor rata-rata meningkat dari 52.80 pada pre-tes menjadi
84.40 pada post-test. Dan ketertarikan siswa dalam mendengarkan menggunakan
aplikasi spotify dapat dilihat pada persenan pret-est dan post-test, pada pre-test 0
% memperoleh ‘sangat baik’ dan 0 % memperoleh ‘baik’, artinya siswa tidak
tertarik pada aplikasi spotify. Sedangkan dipost-test 16% memperoleh ‘sangat
baik’ dan 72% memperoleh ‘baik’ artinya ada ketertarikan siswa terhadap aplikasi
spotify setelah melakukan perlakuan. Hasi t-test diperoleh bahwa nilai pre-test
dan post-test lebih kecil α (0.00 < 0.05). Berdasarkan hasil tersebut dapat
dikatakan bahwa H1 diterima, artinya aplikasi spotify dapat meningkatkan
pemahaman menyimak siswa dalam pembelajaran bahasa inggris di SMPN 35
Makassar. |
en_US |