Abstract:
Penelitian ini bersifat mix method penggabungan kualititaf dan kuantitaif
dengan mengambil data di DPMPTSP Kabupaten Pinrang,. Melalui Kuesioner,
observasi, dokumentasi dan wawancara. Dengan pengolahan data menggunakan
rumus pengolahan data dari Kepmenpan No 25 Tahun 2004.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan aplikasi oss dengan
melihat mutu pelayanan dan kinerja/kualitas pelayanan berkategori A yaitu sangat
baik mutu pelayanan sehingga masyarakat kabupaten pinrang yang melakukan
pengurusan perizinan merasa dimudahkan dengan arahan dan pelayanan yang ada
dikantor DPMPTSP Kab Pinrang. Ini dibuktikan dari 14 indikator pelayanan yang
diteliti melalui pembagian kuesioner yang dilakukan penulis bahwa nilai interval
IKM semua diatas 3,00 berkategori A sangat baik. Mengenai hambatan masyarakat
yang melakukan pengurusan perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan
Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pinrang dalam penerapan aplikasi OSS yaitu
terkendala pada jaringan dalam mengakses aplikasi OSS, sehingga pengarahan
yang dilakukan oleh petugas sudah maksimal padahal kendalanya terdapat pada
jaringan sehingga pelayanan petugas dalam mengarahkan masyarakat terkait
penggunaan aplikasi OSS disana sudah sesuai dengan sistem pelayanan dan
prosedur pelayanan pada kantor DPMPTSP Kab Pinrang.