dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan kalimat
efektif dalam teks pidato siswa kelas IX-8 UPT SPF SMP Negeri 35 Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan
observasi kepada siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian dengan data
yang terkumpul sebanyak 27 data yang diperoleh dari hasil menulis teks pidato
siswa. Dari analisis penggunaan kalimat efektif dalam teks pidato siswa kelas IX8 UPT SPF SMP Negeri 35 Makassar maka disimpulkan bahwa penggunaan
kalimat efektif teks pidato siswa tersebut masih harus diperbaiki karena banyak
ditemukan kesalahan pada unsur kalimat efektif yang terdiri atas kesepadanan dan
kesatuan, kesejajaran, kehematan, penekanan dan kevariasian yang ditemukan
dalam teks pidato belum sesuai.
Pada unsur kesatuan dan kepaduan kalimat terdapat banyak kesalahan dalam
pemakaian subjek dan struktur kalimat, lalu pada unsur kesejajaran terdapat
banyak penggunaan jenis kata, kemudian pada unsur kehematan kalimat terdapat
banyak kesalahan dalam pemakaian kata yang tidak perlu, pada unsur penekanan
terdapat kalimat yang menyampikan gagasan, pesan secara tidak jelas, pada unsur
kevariasian kalimat yang disampaikan bertele-tele sehingga menimbulkan suasana
monoton dan kebosanan. |
en_US |