dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan
pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) terhadap minat belajar Bahasa
Indonesia siswa kelas V SD Inpres Daya Makassar. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Experiment dengan
menggunakan metode Quasi Eksperimental (Non-Equivalent Cotntrol Group
Design). Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Daya Makassar yang
berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu
observasi dan angket/kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deksriptif.
Analisis awal menggunakan uji validitas, uji normalitas, dan uji linearitas.
Kemudian dilanjutkan dengan uji korelasi untuk mengetahui hubungan antara
variabel metode pendekatan pembelajaran berorientasi aktivitas siwa (PBAS) dan
variabel minat belajar siswa.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan
metode pendekatan pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS)
berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas V SD Inpres Daya Makassar.
Data-data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t, dan hasil yang
diperoleh adalah thitung 0,000 dan ttabel 0,005, maka thitung > ttabel, sehingga
dinyatakan H0 ditolak dan H1 diterima |
en_US |