dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menonton video
edukasi terhadap hasil belajar peserta didik di SDN 16 Buton Kabupaten Buton.
Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian
adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest
Design. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu video edukasi dan variabel
terikat yaitu hasil belajar peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelas III SDN
16 Buton yang berjumlah 21 peserta didik. Instrument yang digunakan adalah tes
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik dan analisis inferensial
pada uji-t. Hasil penelitian ditunjukkan dengan nilai mean pretest hasil belajar
sebesar 51,42 dan mean posttest sebesar 87,61. Berdasarkan analisis inferensial
pada uji-t yang menunjukkan nilai thitung ttabel atau 18,03 1,725. Sehingga H0
ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dengan menampilkan video edukasi terhadap hasil belajar peserta didik
kelas III SDN 16 Buton. |
en_US |