Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA
melalui model discovery learning pada peserta didik kelas V Tahun Ajaran
2021/2022 di UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang II Kota Makassar. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.
Desain penelitian meliputi empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V
UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang II Kota Makassar yang berjumlah 32
peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dianalisis dengan statistika deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yaitu 74,83 pada
siklus I dan 93,22 pada siklus II. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar yaitu 45,16
dan ketidaktuntasan hasil belajar yaitu 54,84 sedangkan pada siklus II ketuntasan
hasil belajar yaitu 93,5 dan ketidaktuntasan hasil belajar yaitu 6,5 yang sudah
melampaui indikator keberhasilan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan
model discovery learning dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil
belajar peserta didik kelas V UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang II Kota
Makassar.