dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial teman sebaya
terhadap self regulated learning pada mahasiswa di Kota Makassar. Penelitian ini
dilakukan terhadap 400 mahasiswa di Kota Makassar. Instrumen pengumpulan data
menggunakan skala dukungan sosial berdasarkan teori Cohen & Hoberman (1983)
dengan nilai reliabilitas 0,936 dan skala self regulated berdasarkan teori
Zimmerman (1989) dengan nilai reliabilitas 0,836. Data dianalisis menggunakan
regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dukungan
sosial teman sebaya terhadap self regulated learning pada Mahasiswa di Kota
Makassar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Adapun dukungan
sosial teman sebaya mempengaruhi self regulated learning sebesar 0,262 atau
(6,9%) dengan koefisien positif. Sehingga semakin tinggi dukungan sosial teman
sebaya maka semakin tinggi pula self regulated learning pada Mahasiswa di Kota
Makassar, begitupun sebaliknya. |
en_US |