dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya
persepsi siswa terhadap gaya mengajar guru dan korelasinya dengan motivasi
belajar siswa kelas IV SDN 2 Rantepao tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian
ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Siswa yang dipilih adalah
siswa kelas IV dengan jumlah sampel 54. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan kuesioner. Data yang
diperoleh diolah menggunakan SPSS 26.
Hasil analisis menunjukkan (1) persepsi siswa terhadap gaya mengajar
guru di SDN 2 Rantepao memiliki kategori baik meliputi:tujuan pembelajaran,
metode/gaya mengajar guru, materi dan media pembelajaran, (2) motivasi belajar
siswa memiliki kategori baik. Dari hasil ini memberikan pengertian bahwa untuk
meningkatkan semangat belajar siswa guru dapat memperbaiki gaya mengajar
guru agar menghilangkan kebosanan dalam menerima pelajaran yang diberikan
oleh guru, (3) hubungan antara persepsi siswa terhadap gaya mengajar guru
dengan motivasi belajar siswa menurut hasil uji coba korelasi pearson didapat
bahwa persepsi siswa terhadap gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa
memiliki hubungan yang positif. |
en_US |