Abstract:
Celebrity worship ialah perilaku berlebihan yang dilakukan penggemar
terhadap selebriti yang idolakan, dimana penggemar terlalu melibatkan dirinya
dalam setiap kehidupan idola yang dipengaruhi oleh kebiasaan penggemar dalam
mempelajari tentang kehidupan selebriti yang diidolakan seperti mencari,
membaca, ataupun mendengar tentang informasi atau suatu hal yang memiliki
hubungan dengan idolanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan
celebrity worship pada penggemar K-pop berdasarkan demografi (jenis kelamin,
usia, dan pendidikan). Responden dalam penelitian menggunakan 428
responden. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Hasil
penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai signifikan sebesar 0.332 celebrity
worship penggemar K-pop berdasarkan jenis kelamin, sebesar 0.006 celebrity
worship penggemar K-pop berdasarkan usia, sebesar 0.649 celebrity worship
penggemar K-pop berdasarkan pendidikan. Dengan demikian, hasil penelitian di
peroleh bahwa tidak ada perbedaan celebrity worship penggemar K-pop
berdasarkan jenis kelamin dan pendidikan, dan ada perbedaan celebrity worship
penggemar K-pop berdasarkan usia. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa
celebrity worship pada penggemar Kpop berada pada kategori sedang.