Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
peserta didik dengan menggunakan media video pembelajaran. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Desain
penelitian ini meliputi empat empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas
IV SDN 30 Parombean yang berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu
dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata
kelas yaitu 73,1 pada siklus I dan 87,5 pada siklus II. Pada siklus I ketuntasan
belajar klasikal peserta didik adalah 50% dan pada siklus II mencapai 100%. Hal
ini dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPA terjadi peningkatan hasil
belajar peserta didik dengan menggunakan media video pembelajaran Adapun
peningkatan nilai rata-rata peserta didik dari siklus I ke siklus II adalah 14%. Hal
ini terjadi karena pada siklus II peserta didik mulai aktif dan terlibat dalam proses
pembelajaran dengan menggunakan media video sehingga peserta didik dapat
mengembangkan potensi yang dimilikinya. Proses pembelajaran dengan
menggunakan media video menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih
menarik perhatian peserta didik sehingga peserta didik dapat mengerti dan
memahami pelajaran dengan mudah.