dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan faktor
penghambat kecepatan membaca pada siswa kelas IV UPT SD Negeri 6 Kulo
Kabupaten Sidenreng Rappang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
yaitu suatu metode dengan mengumpulkan data, disusun dan dianalisis sehingga
memberikan kebenaran. Yang bertujuan mengungkap fakta, fenomena, dan
keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan. Sampel penelitian ini pada siswa
kelas IV sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah wawancara, tes lisan, tes tulisan, dan angket. Hasil penelitian
menunjukkan siswa yang mampu mencapai standardisasi membaca cepat yaitu
150-160 kata per menit sebanyak 6 orang dan siswa yang tidak mampu membaca
cepat 150-160 kata permenit sebanyak 14 orang sedangkan siswa yang
mendapatkan nilai 85 ke atas dalam tes pemahaman isi bacaan sebanyak 6 orang
(30%) dan siswa yang mendapatkan nilai kurang dari 80 sebanyak 13 0rang
(65%). Adapun faktor yang menghambat kecepatan membaca siswa adalah
kesulitan berkonsentrasi, rendahnya motivasi membaca, melakukan subvokalisasi
dan regresi. Dari hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan
membaca dan pemahaman isi bacaan siswa kelas IV UPT SD Negeri 6 Kulo
masih kurang memadai |
en_US |