dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan
supervisi manajerial pengawas sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19 di
Kabupaten Sidenreng Rappang, (2) kinerja pengawas sekolah dasar pada masa
pandemi Covid-19 di Kabupaten Sidenreng Rappang, (3) faktor-faktor yang
menghambat efektivitas pengawas sekolah dasar dalam supervisi manajerial pada
masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian kualitatif
adalah sebuah penelitian yang berusaha menelusuri dan mendapatkan informasi
secara mendalam yang berawal dari sebuah masalah yakni kinerja pengawas
sekolah dasar dalam pelaksanaan supervisi manajerial di Kabupaten Sidenreng
Rappang. Sumber data dalam penelitian ini disebut informan, pengawas sekolah
sebagai informan utama, sedangkan kepala sekolah dan guru sebagai informan
kunci dari empat sekolah dasar di Kecamatan Duapitue Kabupaten Sidenreng
Rappang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan supervisi
manajerial pengawas sekolah dasar di masa pandemi Covid-19, yaitu: (1) langkah
perencanaan, proses bimbingan dan pelatihan melalui kelompok kerja guru (kkg),
pengawas sekolah memantau langsung di sekolah dengan menerapkan protokol
kesehatan, (2) langkah pelaksanaan, pengawas sekolah mendampingi kepala
sekolah dan guru pada pelaksanaan supervisi manajerial tidak secara online,
tetapi tatap muka di sekolah, (3) langkah evaluasi, pengawas sekolah memberikan
solusi terhadap masalah yang dihadapi guru, kepala sekolah, dan tenaga
kependidikan di masa pandemi Covid-19 mengenai administrasi sekolah. Faktorfaktor yang menghambat efektivitas supervisi manajerial pada masa pandemi
Covid-19 di Kabupaten Sidenreng Rappang, yaitu pengawas sekolah belum
menguasai pelaksanaan supervisi manajerial secara online begitu juga dengan
kepala sekolah dan guru. |
en_US |