Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh
Perhatian Orang Tua Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran
Matematika Kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar. Jenis penelitian ini adalah
penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah
siswa kelas VIII sebanyak 99 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data yang diperoleh diolah menggunakan
SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan enam indikator dalam
pengaruh perhatian orang tua yakni, pemberian bimbingan belajar, pengawasan
terhadap anak, pemberian penghargaan dan hukuman, pemenuhan kebutuhan
belajar, menciptakan suasana belajar yang tenang dan tentram, dan memperhatikan
kesehatan, diperoleh nilai rata-rata indikator pembelajaran daring sebesar 81,04%,
dan fasilitas belajar sebesar 83,09%, terbukti mempengaruhi hasil belajar mata
pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar. Dari hasil uji regresi
berganda diperoleh bahwa nilai nilai signifikasi 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa
variabel perhatian orang tua dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar
kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar