Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepercayaan diri siswa dalam
mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SD Kristen Makale 2 Kabupaten
Tana Toraja.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh
sesuai dengan gambaran fakta yang terjadi di lapangan dan mendeskripsikan
dengan kata-kata. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil observasi, wawancara
dan dokumentasi yang langsung diambil di lapangan dimana peserta didik
menunjukkan kepercayaan diri pada saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni
tari. Hal ini dapat dilihat dari perubahan siswa sebelum dan sesudah ikut kegiatan
ekstrakurikuler seni tari, saya melihat siswa lebih antusias dalam mengikuti
kegiatan di sekolah khususnya seni tari karena saya melihat seni tari memberikan
perhatian lebih untuk membangun kepercayaan diri siswa yang mengikuti seni
tari.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler
dapat membangun rasa kepercayaan diri peserta didik. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara kegiatan ekstrakurikuler seni
tari dengan kepercayaan diri siswa.