Abstract:
Penelitian ini bertujuan hasil belajar IPS materi Perjuangan Parah Tokoh
Pejuang pada Penjajahan Belanda dan Jepang melalui model Role Playing pada
siswa jelas V SD Inpres Tello Baru II penelitian ini merupakan penilitian tindakan
kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik tes dan observasi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Tello Baru II Makassar
dengan jumlah 30 siswa.
Penelitian pembelajaran IPS Perjuangan Parah Tokoh Pejuang pada
Penjajahan Belanda dan Jepang siswa menujukkan baik setelah dilakukan pada
siklus II berdasarkan permasalahan yang dialami siswa pada siklus I. Hal ini
dibuktikan dari siklus I, yaitu yang mendapatkan nilai 85 ke atas sebanyak 4 orang
atau 13,33%. Sedangkan jumlah siswa yang mencapai nilai kurang dari sebanyak
26 orang atau 86,66%. Sedangkan pada siklus II, ada peningkatan menujukkan
bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai 85 ke atas sebanyak 21 orang atau 70%.
Sedangkan jumlah siswa yang mencapai nilai kurang dari 85% yaitu 9 orang atau
30%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemapmuan hasil belajar materi
Perjuangan Parah Tokoh Pejuang pada Penjajahan Belanda dan Jepang pada
siswa kelas V SD Inpres Tello Baru II mengalami peningkatan setelah diterapkan
model role playing.