Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa efektif media pop up book
dalam pembelajaran membaca bahasa Indonesia pada siswa kelas III UPT SPF SD
Inpres Lanraki 2 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen
dan desain penelitian Nonequivalent control geoup design. Populasi penelitian ini
yaitu siswa kelas III dengan jumlah 61 orang yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu
kelas III-A sebanyak 29 siswa dan kelas III-B sebanyak 32 siswa. Sampel pada
penelitian ini merupakan seluruh populasi yaitu sebanyak 61 orang siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian adalah teknik observasi,
tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalsis dengan menggunakan rumus
uji-t dengan bantuan IBM SPSS Statistics 25. Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh data hitung yaitu nilai thitung 10,856 ttabel 1,671 sehingga thitung ≥ ttabel
artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media pop up book efektif dalam pembelajaran membaca bahasa
Indonesia pada siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Lanraki 2 Kota Makassar.