dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) nilai-nilai budaya local yang
terdapat dalam cerita rakyat Bugis-Makassar sebagai upaya pembentukan karakter
siswa kelas IV UPT SPF SDN MamajangI (2) penerapan budaya local BugisMakassar sebagai upaya integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran siswa
kelas IV UPT SPF SDN Mamajang I. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi. Data dalam
penelitian ini adalah Kelas IV Di UPT SPF SDN Mamajang I dengan jumlah siswa 18
orang dan sumber data penelitian yang dipilih yaitu buku cerita rakyat Bugis-Makassar
dengan nama penulis buku Isnaeni Wahab dan Nurhadifah Amaliyah, sampul berwarna
putih, tahun terbit 2019, diterbitkan oleh JaL (Jusuf Ariyani Learning) dan terdiri dari 173
halaman. Instrumen penelitian yang di gunakan yaitu observasi, wawancara,
kuesioner, Teknik catat dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah reduksi data, penyajian data, dan Conclusion Drawing/Verivication. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai-nilai budaya lokal yang terdapat dalam
cerita rakyat Bugis-Makassar sebagai upaya pembentuk karakter siswa kelas IV
UPT SPF SDN Mamajang 1 yaitu penguatan nilai-nilai karakter dalam cerita
rakyat dan penerapan budaya lokal yang sesuai dengan nilai kebangsaan.
Beberapa penerapan budaya lokal yang diterapkan seperti budaya tabe’ yang
mana ketika seseorang lewat didepan orang yang lebih tua haruslah membungkuk
dengan rasa hormat, nilai Pacce’ merupakan panggilan hati nurani untuk
menyatakan sikap kesetiakawanan sosial yang mendorong adanya perbuatan
tolong menolong dan abbulo sibatang; mengandung makna rasa solidaritas yang
tinggi untuk saling membantu, dalam menghadapi setiap tantangan dan kesulitan.
Hal tersebut sesuai dengan nilai kebangsaan Indonesia yaitu nilai-nilai saling
menghormati dan menghargai serta bermusyawarah untuk memutuskan hal-hal
yang dianggap penting untuk kebaikan bersama.(2) penerapan budaya lokal
Bugis-Makassar sebagai upaya integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran
pada siswa kelas IV UPT SPF SDN Mamajang 1 yaitu (1) menyiapkan buku
cerita rakyat di kelas/dipojok baca (2) membaca sekitar 10-15 menit, (3) siswa
mengidentifikasi nilai moral yang terdapat dalam cerita tersebut, (4) melakukan
penguatan nilai-nilai karakter cerita rakyat dan penerapan budaya lokal yang
sesuai dengan nilai kebangsaan. |
en_US |