Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara
bimbingan belajar orang tua dengan perilaku disiplin dan hasil belajar siswa SD
Inpres Lanraki 2 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas I-VI SD Inpres
Lanraki 2 sebanyak 312 siswa dengan sampel sebanyak 40 yang dipilih secara
acak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner berupa
angket bimbingan belajar orang tua dan angket perilaku disiplin serta
menggunakan teknik dokumentasi untuk memperoleh data hasil belajar. Data
yang diperoleh di analisis menggunakan uji korelasi ganda. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa bimbingan belajar orang tua mempunyai hubungan yang
positif pada perilaku disiplin dan hasil belajar siswa SD Inpres Lanraki 2 Kota
Makassar. Hal ini menunjukkan bahwa jika bimbingan belajar orang tua dan
perilaku disiplin di tingkatkan maka hasil belajar juga akan meningkat.