Abstract:
Mahasiswa kesehatan dalam menjalani perkuliahan secara daring mengalami
tantangan akademik yang jauh lebih sulit dibanding saat menjalani perkuliahan
luring. Banyaknya masalah yang dihadapi memungkinkan mahasiswa untuk
meminta bantuan kepada orang lain atau disebut academic help-seeking.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana gambaran academic helpseeking pada mahasiswa kesehatan berdasarkan demografi dalam pembelajaran
daring sealama masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan terhadap 500
mahasiswa kesehatan yang ada di Kota Makassar. Instrumen pengumpulan data
yang digunakan peneliti adalah skala academic help-seeking yang telah dibuat
oleh Syafitri (2018). Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Adapun
hasil dari penelitian ini yakni secara umum terdapat 38,2% mahasiswa kesahatan
dalam pembelajaran daring yang melakukan perilaku mencari bantuan adaptik,
terdapat 38,2% mahasiswa kesahatan dalam pembelajaran daring yang melakukan
perilaku mencari bantuan eksekutif, terdapat 36% mahasiswa kesahatan dalam
pembelajaran daring yang melakukan perilaku menghindar mencari bantuan, dan
terdapa 44,8% mahasiswa kesahatan dalam pembelajaran daring yang melakukan
perilaku merasakan manfaat mencari bantuan