Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fear of missing out (fomo)
terhadap kecenderungan perilaku phubbing pada pengguna sosial media di Kota
Makassar. Penelitian ini dilakukan terhadap 400 pengguna sosial media di Kota
Makassar. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala phubbing
berdasarkan teori Chotpitayasunondh & Douglas (2018) dengan nilai reliabilitas
0,846 dan skala fear of missing out (fomo) berdasarkan teori Wegman et al (2017)
dengan nilai reliabilitas 0,879. Data dianalisis menggunakan teknik regresi
sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh fear of missing
out terhadap kecenderungan perilaku phubbing pada pengguna sosial media di
Kota Makassar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Adapun fear of
missing out (fomo) mempengaruhi kecenderungan perilaku phubbing sebesar
0,207 atau 20,7% dengan koefisien pengaruh positif. Sehingga semakin tinggi
fear of missing out maka semakin tinggi pula kecenderungan perilaku phubbing
pada pengguna sosial media di Kota Makassar, begitupun sebaliknya semakin
rendah fear of missing out maka semakin rendah pula kecenderungan perilaku
phubbing pada pengguna sosial media di Kota Makassar.