Abstract:
Karlina. 2020. Pengaruh Metode Make A Match dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SDN 2 Rantepao Toraja Utara. Skripsi, program studi pendidikan guru sekolah dasar. (dibimbing oleh Dr.Asdar,M.Pd dan Nursamsilis Lutfin,S.S..S.Pd., M.Pd).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Make A Match
dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia SDN 2 Rantepao tahun ajaran 2019/2020. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian One
Group Pretest-Postest. Sampel terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 22 siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
observasi, dokumentasi dan tes (pretest-posttest). Adapun data hasil observasi
keaktifan siswa pretest 30-40 dengan kategori (kurang aktif). Setelah
menggunakan postest 75-80 dengan kategori (sangat aktif). Dan hasil belajar
siswa dapat dilihat dari uji hipotesis yang telah dilakukan setelah diperoleht
hitung =2,644 dan t tabel = 1,725 maka diperoleh t hitung > t tabel atau 2,644 > 1,725. Analisis data yang menunjukkan bahwa nilai signifikan 2 tailed 0,000 > 0,005 berdasarkan
taraf signifikan 5% sehinggah H 0 ditolak dan H 1 diterima. artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok siswa yang belajar dengan metode pembelajaran Make A Match siswa kelas IV SDN 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara.