dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menganalisis efektivitas pelayanan
perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi
Sulawesi Selatan, dan 2) menganalisis Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap
pelayanan perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu
Pintu Provinsi Sulawesi Selatan.
Penelitian ini adalah jenis kuantitatif, yang dilaksanakan pada Dinas
Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan,
berlangsung selama 3 bulan (April s/d Juni 2022). Populasi adalah masyarakat yang
mengurus perizinan selama tahun 2021 sebanyak 8.007 orang. Pengambilan sampel
dilakukan dengan rumus Slovin dan tehnik simple random sampling, dan didapatkan
sampel sebanyak 99 orang. Tehnik pengumpulan data melalui kuesioner dan
dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan tabulasi dan regresi linear.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan perizinan pada
Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi
Selatan berada dalam kategori sangat efektif yang terkait dengan optimalisasi
kinerja sumberdaya aparatur lingkup Dinas Penanaman Modal dan Perizinan
Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan dengan kejelasan tujuan yang ingin
dicapai. Sementara indeks kepuasan masyarakat semua berada dalam kategori baik,
dengan tingkat persepsi yang tinggi adalah persyaratan dan perilaku petugas dimana
kategori baik lebih pada kepuasan yang dirasakan masyarakat dalam rentetan proses
pengajuan perizinan hingga terbitnya perizinan. Melalui uji regresi linear
menunjukkan hasil positif namun tidak signifikan sehingga korelasi dari kedua
variabel tersebut tidak menunjukkan hubungan yang nyata |
en_US |