Abstract:
Tujuan penelitian yakni untuk mengetahui peningkatan kinerja pegawai
pada pelayanan publik, penilaian kinerja pegawai dan manfaat penilaian kinerja
pegawai pada Polda Sulawesi Selatan.
Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriftif analitis. Data diperoleh dari sejumlah informan yang terdiri atas: kepala
Bidang SDM, Kepala Bidang Umum, Pegawai, Anggota Kepolisian, dan
Masyarakat Pengguna layanan.
Hasil dari penelitian ini yakni: 1. Kinerja pelayanan pegawai di Kantor
Polda Sulawesi Selatan terbilang baik. Hal ini berdasarkan hasil penelitian dengan
tiga indikator, yakni: responsivitas pegawai atau kemampuan untuk mengetahui
dan memahaimi kebutuhan maupun keinginan masyarakat baik, responsibiltas
pegawai dimana pegawai sudah bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas.
Akuntabilitas pegawai dimana para pegawai sudah memiliki keahlian masingmasing dalam menjalankan tugas dan fungsinya. 2. Penilaian kinerja pegawai
Penilaian kinerja pegawai pada Kantor Polda Sulawesi Selatan terbilang baik. Hal
ini berdasarkan hasil penelitian dengan tiga indikator, yakni: Relevansi penilaian
kinerja yang ada sudah relevan sebab disusun berdasarakan tugas dan fungsi
masing-masing pegawai menjadi sebuah rencana kerja dan target kerja yang
ditetapkan bersama antara pegawai dan pejabat penilai secara langsung,
Sensitivitas penilaian kinerja dikatakan dapat membedakan tingkat kinerja
pegawai dengan melihat sejauh mana realisasi target sasaran kerja di akhir tahun
dan Kepraktisan sistem penilaian kinerja pegawai dengan metode SPK dan PKP
dianggap cukup mudah dilakukan. 3. Manfaat penilaian kinerja pegawai Polda
Sulawesi Selatan terbilang kurang baik. Maka, secara keseluruhan dapat
disimpulkan bahwa optimalisasi Sistem Penilaian Kinerja di Kantor Polda
Sulawesi Selatanbelum optimal karena masih terdapat indikator penelitian yang
kurang baik dari tiga indikator penelitian yang ditentukan yakni tentang manfaat
penilaian kinerja pegawa