DSpace Repository

EFEKTIVITAS PROGRAM LITERASI GURU DAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA UPT SPF SD NEGERI BEROANGING KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author ISLAMIYAH, HASRINA
dc.date.accessioned 2022-12-20T08:13:54Z
dc.date.available 2022-12-20T08:13:54Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other 4620106014
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3194
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) keadaan minat baca siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging sebelum dan sesudah penerapan program literasi guru dan Gerakan Literasi Sekolah; (2) pelaksanaan program literasi guru dalam menumbuhkan minat baca siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging; (3) pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging; dan (4) efektivitas program literasi guru dan Gerakan Literasi Sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Ex Post Facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel diambil 10% dari jumlah siswa dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel 51 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan kuesioner (angket), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan statistic deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi sederhana (uji hipotesis), serta uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi guru, gerakan literasi guru, dan minat baca siswa mausk dalam kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan uji regresi sederhana diperoleh berdasarkan output pada tabel diketahui nilai T hitung sebesar 82,762 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima yang berarti Gerakan Literasi Sekolah (GLS) efektif dalam menumbuhkan minat baca siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging. Selanjutnya pada tabel juga diketahui nilai T hitung untuk Program Literasi Guru sebesar 0,485 dengan nilai signifikansi 0,630. Dengan ketentuan tersebut diperoleh T tabel sebesar 2,01063. Sehingga, dengan menggunakan kriteria T hitung > T tabel (3,025 > 2,01063), maka dapat disimpulkan H₀ ditolak dan H₁ diterima yang berarti Program Literasi Guru efektif dalam menumbuhkan minat baca siswa di UPT SPF SD Negeri Beroanging. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Program Literasi Guru en_US
dc.subject Gerakan Literasi Sekolah en_US
dc.subject Minat Baca en_US
dc.title EFEKTIVITAS PROGRAM LITERASI GURU DAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA UPT SPF SD NEGERI BEROANGING KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account