dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) keadaan minat baca
siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging sebelum dan sesudah penerapan program
literasi guru dan Gerakan Literasi Sekolah; (2) pelaksanaan program literasi guru
dalam menumbuhkan minat baca siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging; (3)
pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa
UPT SPF SD Negeri Beroanging; dan (4) efektivitas program literasi guru dan
Gerakan Literasi Sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa UPT SPF SD
Negeri Beroanging Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan desain penelitian Ex Post Facto. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging tahun
ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel diambil 10% dari jumlah siswa dengan
menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah
sampel 51 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan
kuesioner (angket), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan statistic deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi sederhana
(uji hipotesis), serta uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program
literasi guru, gerakan literasi guru, dan minat baca siswa mausk dalam kategori
sangat tinggi. Hasil perhitungan uji regresi sederhana diperoleh berdasarkan
output pada tabel diketahui nilai T hitung sebesar 82,762 dengan nilai signifikansi
0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima yang berarti Gerakan Literasi
Sekolah (GLS) efektif dalam menumbuhkan minat baca siswa UPT SPF SD
Negeri Beroanging. Selanjutnya pada tabel juga diketahui nilai T hitung untuk
Program Literasi Guru sebesar 0,485 dengan nilai signifikansi 0,630. Dengan
ketentuan tersebut diperoleh T tabel sebesar 2,01063. Sehingga, dengan
menggunakan kriteria T hitung > T tabel (3,025 > 2,01063), maka dapat
disimpulkan H₀ ditolak dan H₁ diterima yang berarti Program Literasi Guru efektif
dalam menumbuhkan minat baca siswa di UPT SPF SD Negeri Beroanging. |
en_US |