dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan sosial sebagai
prediktor terhadap konflik peran ganda guru perempuan di Kabupaten Gowa.
Populasi dalam penelitian ini adalah guru perempuan yang telah berkeluarga di
Kabupaten Gowa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 370 responden. Alat
ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu skala konflik peran ganda dan
skala dukungan sosial.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana untuk
melihat antara variabel bebas dan variabel terikat dan analisis regresi berganda
untuk melihat antar dimensi variabel bebas dan variabel terikat dengan bantuan
SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa dukungan sosial
mampu menjadi prediktor konflik peran ganda guru perempuan di kabupaten
gowa dengan besar kontribusi disumbangkan sebesar 16.1%. Arah penelitian
yang berlawanan, yaitu apabila dukungan sosial tinggi maka konflik peran ganda
rendah. Begitu pula sebaliknya, apabila dukungan sosial rendah maka konflik
peran ganda tinggi. Hasil analisis diantara empat dimensi dukungan sosial,
terdapat tiga dimensi yang signifikan yaitu dukungan emosional dengan besar
kontribusi yang disumbangkan sebesar 4.3%, dukungan penghargaan dengan
besar kontribusi yang disumbangkan sebesar 13.7%, dan dukungan instrumental
dengan besar kontribusi yang disumbangkan sebesar 4.5%. |
en_US |