Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan celebrity
worship dengan body image pada mahasiswa di Kota Makassar.
Penelitian dilakukan kepada 400 mahasiswa aktif yang berasal
dari berbagai universitas di kota Makassar. Skala body image
yang digunakan dibuat sendiri oleh peneliti yang berlandaskan
pada teori body image yang dikembangkan oleh Menzel, Krawczyk
dan Thompson (Cash dan Smolak, 2012), terdiri dari empat aspek,
yaitu kepuasan subyektif, kesulitan afektif, aspek kognitif dan
aspek perilaku. Sedangkan skala celebrity worship diadaptasi
yang berlandaskan pada teori celebrity worship yang
dikembangkan oleh Maltby et. al (2006), terdiri dari tiga dimensi,
yaitu entertaiment social value, intense personal feeling, dan
borderline phatologycal tendency. Data dianalisis dengan teknik
korelasi pearson product moment dengan bantuan software JASP.
Hasil analisis diperoleh hasil korelasi yang tidak signifikan antara
body image dengan celebrity worship, (r = 0.038, p = 0.467, p >
0.05). hasil analisis tersebut, menunjukkan bahwa Ho diterima dan
Ha ditolak. Dengan demikian tidak ada hubungan antara body
image dan celebrity worship pada mahasiswa di kota Makassar.