Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Cognitive Behavior
Therapy efektif dalam menurunkan stres akademik pada mahasiswa yang
mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Bosowa Makassar. Penelitian
ini diawali dengan 156 responden dengan melihat skor-skor stres akademiknya.
Lalu, akhirnya hanya 4 responden yang memiliki stres akademik yang sangat tinggi
untuk menjadi partisipan penelitian dalam eksperimen ini. Teknik pemillihan
responden eksperimen menggunakan analisis SPSS 20 For Windows. Setelah itu
diberikan intervensi Cognitive Behavior Therapy. Pendekatan penelitian ini
menggunakan Mixed-Method dan Desain Quasi Eksperimen, Desain pada
penelitian ini menggunakan Times Series Design yang disajikan dalam bentuk tabel.
dilihat dari perbandingan perbedaan skor sebelum dan setelah di intervensi. Skor
partisipan 1 sebelum di intervensi Pretest (1) sebanyak 101, Pretest (2) 98, Postest
menurun menjadi 43. Skor partisipan 2 sebelum di intervensi Pretest (1) sebanyak
116, Pretest (2) 97, Skor Postest setelah dilakukan intervensi menurun menjadi 40.
Sedangkan skor partisipan 3 sebelum di intervensi Pretest (1) sebanyak 108,
Pretest (2) 96, Skor Postest menurun menjadi 38 dan Partisipan 4, sebelum di
intervensi Pretest (1) sebanyak 111, Pretest (2) 98, Skor Postest menjadi 31. Hasil
pada penelitian ini bahwa Cognitive Behavior Therapy efektif menurunkan tingkat
stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.