Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model
pembelajaran Heuristik Vee terhadap hasil belajar IPA pada peserta didik kelas IX di
UPT SPF SMP Negeri 35 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen yang terdiri dari dua kelas. Desain penelitian yaitu Quasi Eksperimental
Design, dimana akan membandingkan nilai hasil belajar dengan menggunakan model
Post-Test Only Control Design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.1
dan kelas IX.6 yang masing-masing berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar,
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Heuristik
Vee pada proses pembelajaran di kelas dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada
peserta didik, karena peserta didik mendapatkan pemahaman materi yang lebih
mendalam sehingga meningkatkan hasil belajarnya. Model pembelajaran Heuristik Vee
membuat peserta didik aktif dan merasa dilibatkan dalam pembelajaran karena dalam
proses pembelajaran Heuristik Vee peserta didik dilatih untuk berpikir dengan
menghubungkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya dengan pengetahuan yang
sedang dipelajari untuk menyelesaikan suatu masalah-masalah yang diberikan
sehingga melatih kemampuan hasil belajar IPA pada peserta didik