Abstract:
Self control merupakan kemampuan menyusun, membimbing, mengatur dan
mengarahkan bentuk perilaku yang dapat membawa individu ke arah
konsekuensi positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
gambaran self-control pada mahasiswa yang bermain game online. Penelitian
dilakukan kepada 460 responden yakni 319 responden yang berjenis laki-laki dan
141 responden yang berjenis perempuan. Alat ukur yang digunakan dalam
penelitian ini adalah skala self control. Self Control pada mahasiswa yang
bermain Game online merupakan skala yang diadaptasi dan berlandasan dengan
teori Tangney Baumeister dkk (2004). Mengenai self control yang terdiri dari lima
aspek yakni kedispilinan diri, aksi yang tidak impulsif, pola hidup sehat, etika
dalam mengerjakan sesuatu, kehandalan. Penelitian ini menggunakkan
penelitian kuantitatif deskriptif. Data dianalisis dengan bantuan microsoft exel
2010, dan LISREL. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa self control pada
mahasiswa yang bermain online termasuk dalam kategori sedang dengan
presentase sebesar 48,91% sebanyak 225 responden dengan total keseluruhan
460 responden. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa mampu mengontrol
dirinya, walaupun seringkali bermain game online. Artinya mahasiswa tetap
mempu menentukan perilaku yang seimbang khususnya pada aspek-aspek self
control yang dimiliki.