Abstract:
Aggressive driving diartikan sebagai kecenderungan individu untuk melakukan
tindakan-tindakan negatif di jalan raya yang bertujuan untuk mengetahui
kemampuan risk taking behavior sebagai moderator sensation seeking terhadap
aggressive driving pada pengendara motor di Kota Makassar. Sampel dalam
penelitian ini yaitu pengendara motor di Kota yang berjumlah 713 responden.
Data dikumpulkan dengan menggunakan skala adaptasi dari skala aggressive
driving behavior scale yang disusun dan dikembangkan oleh Houston, Harris,
dan Norman pada tahun 2003 dengan nilai reliabilitas 0.817, dan skala sensation
seeking scale yang disusun dan dikembangkan oleh Zuckerman dengan nilai
reliabilitas 0.755, serta skala domain specific risk taking yang disusun dan
dikembangkan oleh Weber, Blaits, Betz pada tahun 2002 yang memiliki nilai
reliabilitas 0.719. Validitas isi skala di uji dengan menggunakan subject matter
expert (SME) sedangkan validitas konstruk skala di uji dengan menggunakan
confirmatory factor analysis (CFA). Uji hipotesis dianalisis menggunakan path
analysis. Penelitian ini memberikan hasil bahwa risk taking behavior tidak dapat
memediasi sensation seeking terhadap aggressive driving, (p = 0.438 ; p > 0.05)