Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kontrol diri terhadap perilaku
konsumtif penggemar K-Pop. Penelitian ini dilakukan terhadap 400 penggemar KPop yang berusia 15-25 tahun. Skala yang dunakan oleh peneliti yaitu adaptasi
skala kontrol diri dari Siska Anastasia (2018) dan skala kontruksi perilaku
konsumtif mengacu pada teori dan aspek dari Engel, Blackwell & Miniard (2018).
Data dianalisis menggunakan teknik regresi sederhana dengan bantuan SPSS.20.
hasil analisis penelitian ini memberikan kesimpulan, yakni : (1) perilaku konsumtif
pada penggemar K-Pop berada pada kategori sedang dengan nilai presentase
36% atau sebanyak 145 orang responden. (2) Kontrol diri pada penggemar K-Pop
berada pada kategori sedang dengan nilai presentase 28% atau sebanyak 112
orang responden. (3) Tidak terdapat pengaruh kontrol diri terhadap perilaku
konsumtif penggemar K-Pop.