Abstract:
Tujuan penelitian yakni Untuk mengetahui dan menganalisis disposisi
dalam pelayanan publik oleh di Sekretariat Daerah Kabupaten Majene; Untuk
mengetahui dan menganalisis sosialisasi dalam pelayanan publik oleh di
Sekretariat Daerah Kabupaten Majene serta Untuk mengetahui dan menganalisis
penggunaan sumber daya dalam pelayanan publik oleh di Sekretariat Daerah
Kabupaten Majene.
Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriftif. Data diperoleh dari sejumlah informan yang terdiri atas: kepala
Sekertariat Kabupaten Majene, Kepala Bagian pelayanan, Pegawai dan
Masyarakat Kabupaten Majene.
Hasil dari penelitian ini yakni: 1. Disposisi dimana pelaksana kebijakan
maupun masyarakat sangat mendukung dengan adanya pelaksanaan kebijakan
pelayanan publik yang memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi;
Sumber daya dalam pelaksanaan pelayanan publik pada Sekertariat Daerah
Kabupaten Majene telah optimal dan cukup memadai. Dimana sumber daya
manusia yang cukup, penyampaian informasi yang memadai, pembagian peran
yang sesuai dengan tanggung jawab pegawai dan fasilitas yang mendukung.
Sedangkan Sosialisasi dalam pelaksanaan pelayanan publik dengan penyampaian
informasi dengan baik kepada masyarakat diperlukan adanya media yang tepat,
baik berupa media cetak maupun media eletronik baik berupa koran, internet,
brosur, leaflet dan sebagainya yang mana didalam mengkomunikasikan lewat
berbagai media tersebut dapat memberi informasi pada masyarakat.